Cantik Itu Tidak Menyakiti Diri

Wanita Cantik
Sumber: pexels.com/@tima-miroshnichenko

Tren kecantikan di Indonesia saat ini masih didominasi oleh kulit putih dan bentuk tubuh yang ideal. Banyak dari wanita Indonesia yang rela mengeluarkan sebagian uangnya untuk percantik diri hingga mencoba diet ketat demi menjaga atau mendapatkan tubuh yang sesuai diinginkannya.

Yang dapat disayangkan adalah persepsi cantik itu sendiri, karena hanya menanamkan aspek ‘kulit putih’ dan ‘tubuh ideal’. Hingga kini, banyak merek kosmetik dan perawatan tubuh yang memberi janji hasil kulit putih dalam jangka waktu yang sangat singkat dengan harga produk yang cukup murah. Tanpa ragu, banyak wanita yang tergiur akan janji manis kulit putih dan asal memilih produk.

Jika ditelaah lebih dalam, produk-produk yang ‘asal’ pilih tanpa mengerti bahaya yang terkandung di dalamnya, sudah banyak menyakiti wanita Indonesia. Contohnya seperti produk yang mengandung mercury, hidroquinon, dan steroid. Bahan-bahan tersebut bisa menimbulkan flek hitam, wajah kemerahan, jerawat yang lebih parah dari sebelum memakai produk asal pilih.

Bahkan para dokter SpKK banyak mengatakan produk yang mengandung bahan  berbahaya bisa menimbulkan kanker kulit. Padahal, kosmetik dan perawatan tubuh itu tidak bisa merubah warna kulit asli wanita Indonesia yang dominan sawo matang menjadi putih, itu hanya bisa membantu kulit menjadi cerah, sehat, dan terlihat lebih baik. Ingat, bukan sawo matang menjadi putih!.

Tidak hanya kosmetik dan perawatan tubuh, namun juga obat-obatan yang dapat menurunkan dan menaikkan berat badan yang bisa dibilang sangat drastis. Dalam waktu 1 bulan, bisa menurunkan atau menaikkan berat badan hingga 10 kg.

Lagi-lagi banyak yang tergiur karena melihat beberapa ulasan positif yang dipampangkan oleh penjual. Apapun yang tidak masuk akal pasti memiliki dampak negatif. Dari kasus obat-obatan ini dapat menimbulkan diare, masalah pada ginjal, meningkatkan detak jantung, bahkan menimbulkan rasa cemas atau gugup. 

Memang sejatinya tiap wanita berhak memperindah rupanya agar lebih baik dipandang. Namun tetap harus memilah mana produk yang tidak mengandung bahan berbahaya untuk tubuh kita. Sehingga dalam pemakaian pun tetap aman dalam jangka panjang. Jangan menyakiti diri sendiri dengan produk asal pilihmu ya!.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *